Pages


Minggu, 31 Maret 2013

"KISAH HABIL DAN KABIL"


  Oleh : SULAIMAN.A.GANI.
================================
Alhamdulillah, lon pujoe Tuhan
Yang peujuet alam, langet ngoen donya
Yang peujuet langet, hana meutiang
Yang peujuet insan, lat batat dumna

Yang bri raseuki, geutanyoe  insan
Yang peuna peutan, dum asoe donya
Bandum keuheundak, kuasa tuhan
Miseu lage ban,lon neuk  calitra

Habil ngoen kabil, hajat lon karang
Nyan anuek  Adam, ngoen siti hawa
Nyan keuh indatu, sigala insan
Deungoen lon karang, seun seun sibanja

Mula phoen karue ,lam bumoe tuhan
Bak aneuk adam ,ngoen siti hawa
Habil dan kabil, pake phon sinan
Seubab jadian,  meuseunoeh nisa

Meuseunoeh judoe,adoe saboeh nang
Sinan meu ukam , ek jeut keu raya
Asai ube dhoi , ek jeut ube dang
Sinan hai rakan , pake phoen mula

Nibak si uroe ,habil janjongan
Di dalam padang ,geujak gembala
Kabil jiteuka , nibak masanyan
Dipoeh le reujang,  habil mulia

Habil pih reubah ,sigra masa nyan
Keuheundak tuhan,  kahabeh nyawa
Jiteuka gundah,  kabil watee nyan
Diteungoeh padang,  hana meuhoe ba

Neuheundak tuhan,  nibak masa nyan
Leumah jipandang, ngoen dua mata
Cicem dua boeh, teungoeh meuhantam
Meulhoe meukeubang, hadu teunaga

Cicem yang leumoh, nibak masa nyan
Ka mate disinan,  habeh teunaga
Cicem yang teuga, akai jih panyang
Tanoeh ji lubang, jitanoem sigra
Kabil jikaloen, bangoen cicem nyan
leumah pikeran,  akai jimita
Adek ji tanoem, laju le reujang
Bek ketahuan, nibak ayahanda

Sampoe an jinoe, nyata tapandang
Adek ngoen abang ,pake meubura
Kaseh keuh dilee, saboeh rawian
nibak lon tuan, kisah aneuk saidina
( Tgk Diyueb Bruek )

UNTUK PENGETAHUAN, MUNGKIN ADA YANG PERLU ~
=====================================================================
Nabi Adam a.s. memiliki putra-putri sebanyak 40 orang (20 pasang). Beberapa sumber riwayat yang lain mengungkapkan bahwa Nabi Adam as mempunyai 25 orang anak, 24 orang lahir berpasangan yaitu lak-laki dan perempuan,kecuali nabi Syits as sebagai anak ke 5, dilahir dengan sangat istimewa tanpa tanpa ada pasangannya, bahkan tanpa sel telur Siti Hawa dalam sebuah riwayat yang lain. Jadi menurut riwayat ini ada 13 orang putra laki-laki nabi Adam dan ada 12 orang perempuan. Putra-putri Nabi Adam as konon menurut sebuah riwayat dilahirkan berurutan : laki-laki,perempuan,perempuan,laki-laki ,laki-laki,perempuan, perempuan, laki-laki, laki-laki, perempuan, perempuan,laki-laki, begitu seterusnya.

1. Cayn dan saudara perempuannya,
... 2. Qobil dan Iqlima,
3. Ashut dan saudara perempuannya.
4. Habil (Abel) dan Labuda,
5. Sys
6. Ayad dan Hazura,
7. Balagh dan saudara perempuannya,
8. Athati dan saudara perempuannya,
9. Tawbah dan saudara perempuannya,
10. Darabi dan saudara perempuannya,
11. Hadaz dan saudara perempuannya,
12. Yahus dan saudara perempuannya,
13. Sandal dan saudara perempuannya,
14. Baraq dan saudara perempuannya.
15. Wadd dan dan saudara perempuannya,
16. Suwa dan saudara perempuannya,
17. Yaghuth dan saudara perempuannya,
18. Ya’uq dan saudara perempuannya
19. Nasr dan saudara perempuannya

(Urutan putra-putri Nabi Adam ini masih belum dipastikan dengan baik. Hanya ada riwayat yang mengatakan bahwa Habil adalah putra ke-empat, Dan Nabi Sys adalah putra ke-5 yang menikah dengan adiknya Hazura putra/putri ke-enam nabi Adam a.s.)

Qobil Dan Habil adalah dua putra Nabi Adam yang namanya disebut-sebut dalam Al Qur’an. Qobil menolak menikah Labudza, dan membunuh Habil. Inilah yang disebutkan sebagai peristiwa pembunuhan manusia yang pertama kalinya.

Nabi Syits as menikah dengan adik nya yang nomor enam yaitu Hazurah yang pasangannya meninggal sewaktu dilahirkan,nabi Syits as mempunyai anak setelah berumur 105 tahun,dan usianya mencapai 1402 tahun. Nabi Syits as lahir 5 tahun setelah Habil,Habil anak nomor 4. Riwayat lain mengatakan bahwa adik Nabi Sys yang dilahirkan tidak berpasangan hanya wanita saja adalah Siti Hunun

QABIL & HABIL MELAKUKAN KORBAN
=====================================================
Atas perintah Allah SWT., Nabi Adam a.s dan Hawa turun ke bumi dan menjadi penghuninya. Nabi Adam a.s dan Hawa di kurniakan putra dan putri yang ramai.
Mengikut kebanyakan riwayat, Hawa melahirkan sepasang anak kembar setiap kali melahirkan anak. Qabir adalah putra pertama manakala pasangan kembarnya adalah seorang puteri yang bernama Iqlima. Habil adalah putera keduan dan pasangan kembarnya Labuda.
Setelah putera dan puteri Nabi Adam a.s meningkat dewasa, telah tiba masanya untuk berumahtangga.
Dalam syariat Nabi Adam a.s, putera dan puterinya tidak boleh dijodohkan dengan pasngan kembar masing-masing. Lalu Qabil dijodohkan dengan kembar Habil. Manakala Habil pula di jodohkan dengan kembar Qabil. Habil menerima keputusan Ayahandanya dengan senang hati. Walau bagai manapun, hal itu telah menimbulkan rasa tak hati kepada Qabil kerana kembar Habil tak secantik kebar Qabil.
Nabi Adam a.s yang mengetahui keadaan tersebut telah meminta kedua-dua puteranya melakukan korban kepada Allah SWT. Sesiapa antara Qabil dan Habil yang diterima korbannya oleh Allah SWT, maka orang itulah yang layak menjadi suami kepada kembar Qabil yang cantik itu. Maka pada hari yang ditetapkan Qabil dan Habil pun melakukan apa yang disuuh Ayahanda mereka.
Habil telah memilih kambing yang sihat dan terbaik dari pada ternakannya untuk dijadikan korban. Mana kala Qabil pula hanya memilih tanam-tanaman dan buah-buahan yang buruk dan busuk untuk dikorbankan. Setelah meletakan korban-korban itu di atas puncak gunung, Qabill dan Habil pulang kerumah. Di dalam hati, Qabil dan Habil berharap agar korban mereka diterima Allah SWT.
Keesokan harinya Qabil dan Habil segera kepuncak gunung. Alangkah gembiranya Habil kerana korban kambingnya telah hilang dari pada tempathya, tetapi korban Qabil masih lagi ada disitu.
Keadaan itu membuktikan bahawa Allah SWT telah menerima korban Habil dan menolak korban Qabil, Qabil menjadi marah dan cemburu. Iblis pula memainkan peranannya dengan menghasut Qabil supaya membalas dendam kepada adiknya itu. Qabil terpedaya dengan hasutan Iblis dan akhirnya sekali lagi keturunan Nabi Adam a.s terpedaya dengan pujukan Iblis yang durjana. Setiap masa Qabil diburu perasaan dendam dan iri hati kepada saudaramkandungnya, Habil. Iblis pula bijak menghasut Qabil agar melaksanakan impian jahatnya itu, Maka pada suatu hari terjadilah peristiwa yang dilarang oleh Allah SWT'
Pagi itu, seperti biasa Habil menuju ke ladangnya untuk menggembala ternakan, Tampa disedari, Qabil datang dari arah belakang dan memukul kepala Habil dengan benda yang berat dan keras. Habil mengerang kesakitan. Darah dikepalanya berhamburan dengan banyak, Akhirnya Rebah dan tak bernyawa lagi.
Seketika itu juga, Qabil mulai melanda perasaan takut. Qabil berasa kesal kerana terpedaya pujukan Iblis. Apa yang perlu dilakukan kemanyat Habil yang mati dibunuh itu, Qabil menjadi bingun. 0leh kerana kematian Habil adalah kematian pertama manusia di atas muka bumi ini, Qabil tidak tahu bagai mana menguruskan manyat adiknya itu. manyat habil dipikul oleh bahunya dan dibawa kesana kemari tampa hala tujuan.
Tiba-tiba, Allah SWT memperlihatkan kepada Qabil keadaan dua ekor burung gagak yang sedang bergaduh. Salah seekor burung itu kemudiannya mati akibat pergaduhan itu. burung gagak yang masih hidup segera menggalikan lubang menggunakan kaki dan paruhnya. Lalu burung itu menarik bangkai sahabatnya kedalam lubang. Kemudian, lubang itu ditimbus semula dengan tanah.
Alangkah malunya Qabil kerana dirinya tidak mampu berpikir bijak seperti burug gagak itu. Lalu Qabil menggali lubang dan menguburkan manyat habil didalm lubang tersebut, Qabil tidak pulang kerumah kerana takut dan malu kepada kedua ibu bapanya. Qabil mengambil keputusan untuk meninggalkan kampung halamannya dan menghilanan diri.
Nabi Adam a.s dan Hawa kehilangan dua orang putera dalam masa yang sama. Seorang mati di bunuh dan seorang lagi menghilangkan diri. kepada puteranya yang telah meninggal dunia Nabi Adam a.s berdo'a agar rohnya ditempatkan di syurga. kepada puteranya yang menghilang, Nabi Adam a.s berdo'a agar puteranya itu insyaf dan berubah menjadi manusia yang berguna mana kala kepada puterinya yang lain, Nabi adam a.s mengingatkan manusia di dunia ini bukannya sendirian, Bahkan ada syetan dan Iblis yang menjadi musuh selama-lamanya.
*********SEKIAN & TERIMA KASEH***********
Assalammualaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh.
— di BUMI SERAMBI.




0 komentar:

Posting Komentar

Komentar FB :