Oleh : SULAIMAN.A.GANI
=====================================
“Ayahanda tidak perlu berperang.
Biar kami saja yang melakukan perlawanan.
Kami hanya perlu dukungan dari Ayahanda,”
Alhamdulillah, Allah loen pujoe
Sit Tuhan sidroe, Yang that kuasa
Yang peutroen rahmat, nikmat u bumoe
Akan geutanyoe, Dum manusia
Qadha ngoen kada, bak Tuhan Sidroe
Tugas geutanyoe, Geuyue usaha
Tugas Iktiyeu, nibak geutanyoe
Putusan bak Po, geubri ngoen Hana
Seulawuet saleum, teuma lom dudoe
Hana sit tuwoe , Rasul Mustafa
Pang umat, ban sigoem nanggroe
Nabi geutanyoe, Khatam Ambiya
Keuluarga ngoen sahbat, Bandum Sinaroe
Beureukat sinoe, Bandum Ulama
Beureukat Syuhada, Pembela nanggroe
Yang leupah woe, u Alam baqa
Samboet saleum lon, Kawoem sinaroe
Agam ngoen binoe, Tuha ngoen Muda
Hajat ulon bri, kupi ngoen tumpoe
Hajat lon meuproe, seujarah bangsa
Yang peugoet tape, juet beurangkasoe
Yang peugoet ragoe, susah tamita
Meunyoe duek wali, juet sigam panjoe
Yang peugoet nanggroe, han pat tamita
Astaufirullah, lidah meucawoe
Karoeh lon meuproe, hoe laen haba
Daud Beureueh, ngoen Hasan Tiro
Kisah tapuwoe, bak asai mula
Yoeh jendral Yasin, Beureueh geuyue woe
Meumacam bagoe, janji seutia
Tanpa ajudan, sit yasin sidroe
Geujemput keudroe, keudeh lam rimba
Nibak masanyan, Ujuen lam nanggroe
Kilat pih sesoe, geulatue Raya
Dalam supoet klam, yasin jak sidroe
Hana geupakoe, Rimueng ngoen Singa
Sinan keuh teubit, Narit Sikatoe
Sampoe an jinoe, Kajuet keu Maja
“ REUDOEK KEU TUNGKAT, KILAT KEU SUWA “
Dauh beureueh, Yasin yang puwoe
Keunoe u nanggroe, bekle lam Rimba
Meumacam janji, yasin peusampoe
Asai beugeuwoe, bandum bekle lam rimba
Daud beureueh, dudoe geutem woe
Lake Acehnyoe , Hak Istimewa
Yasin geutanggoeng, ban lhe boeh bagoe
Beureueh geuwoe, hanle lam Rimba
Yang phoen Agama, ta uroeh keudroe
Pendidikan dudoe, meunyang keudua
Yang keu lhe adat, jipulang keunoe
Ta uroeh keudroe, hak istimewa
Wate beureueh, teuma ka geuwoe
Ban lhe boeh bagoe, takalon hana
Dudoe beurontak, Aceh lhe sagoe
Hasan Tiro woe, di nanggroe luar
Jak lake restu, beureueh sidroe
Aceh lhe sagoe, geukeunuek puga
Daud beureueh, geuyue duek keudroe
Bah Hasan Tiro, jinoe yang puga
Daud beureueh, restui dudoe
Buet Hasan Tiro, Angkat senjata
Seuramoe meukah, lake pisah droe
Aceh lhe sagoe, lake Merdeka
Masanyan keuphoen, karu lam nanggroe
Hasan Tiro woe, Kali keudua
Bak thoen tujoeh nam, Hasan Tiro woe
Deklasi lam nanggroe, Aceh Merdeka
Daud Beureuh, ka neuduek keudroe
Hana peuroeh droe, ka neu iem saja
Teutapi pusat, teutap jipantau
Bereueh Sidroe , ji mata mata
Hingga sampoe had, teuma oh dudoe
Beureueh Sidroe, jiba u jawa
Sinoe di Aceh, meutamah kasyoe
Buet Hasan Tiro, meuprang geupuga
Daud Beureueh, sabe lake woe
Keunoe u nanggroe, hajat geugisa
Thoen lapan dua, teuma oh dudoe
Beureuh jipuwoe, wate nazue ‘a
Kada padum thoen, teuma oh dudoe
Beureueh geuwoe, hadap yang Esa
Thoen lapan tujoeh, Beureueh geuwoe
Geutinggai nanggroe, lam haro hara
Senamboeng hayat, perjuangan nanggroe
Keu Hasan Tiro, pulang pusaka
Meuprang Politik, di lua nangroe
Di Aceh Sinoe, Meuprang Gerliya
Hingga Musibah, Aceh Lhe sagoe
Tsunami tampoe, seureuta Geumpa
Meutroen ilham, bak Tuhan sidroe
Aceh lhe sagoe, Dame troek teuka
Dame Hilsingke, teuma oh dudoe
Baro lam nanggroe, Aman sentosa
Rakyat ka seunang, Aman juet sagoe
Hana le kasyoe, ngoen prang saudara
Ohlhueh Hilsenki, wali pih geuwoe
Keunoe u Nanggroe, Aceh mulia
Kada padum thoen, gobnyan disinoe
Wali pih geuwoe, Hadap yang Esa
Oh tan le wali. Ka leupah geuwoe
Aceh lhe sagoe, pih leupah gura
Ka jimeupake, sabe keudroe droe
Ka maseng keudroe, kepruet jikira
Daud Beureueh, ngoen Hasan Tiro
Meumada Ohnoe, ulon calitra
Nyoepat dimiyueb, neubaca keudroe
Kalhueh lon pasoe, tinggai neubaca
Haba nasehat, bacut loen muproe
Lon peu ingat droe, deungoen saudara
Beujuet peu ingat, bandum geutanyoe
Hudep lam Bumoe, sit seumentara
Masa lam utuen, peujuang nanggroe
Saban geutanyoe, Nasib teuh sama
Meupakoen jinoe, ka laen bagoe
Ka Aman nanggroe, ka keudroe saja
Jasa Syuhada, hanle soe pakoe
Hanle soe hiroe, keu inoeng janda
Keu Anuek Yatim, pih tansoe pakoe
Meudeuek troe, hana soe kira
Dali takaloen, kondisi jinoe
Aceh lhe sagoe, sang prang saudara
Timbak meunimbak, sabe keudroe droe
Eungkhoe meu eungkhoe, sabe syedara
Meutan meu ubah, sabe lagenyoe
Bak Tuhan sidroe, tapreh troek bala
Puteng beuliong, neupeutroen keunoe
Neulungkop Bumoe, Pih mungken saja
Kadang ie Raya, neupeutroen keunoe
Jitamoeng Bumoe, sireutoeh deupa
Tuhan geu Azueb, Bandum geutanyoe
Aceh lhe sagoe, sabe lam Dosa
Ta lake lindoeng, bak Tuhan Sidroe
Aceh lhe sagoe, beujeuoh bak bala
E ya Tuhanku, peu Ampon kamoe
Seujak Uroenyoe, Taubat Nasuha
Ohnoe meumada, uloen hareutoe
Juet laen uroe, samboeng calitra
Meunyoe na salah, Peubeutoi keudroe
Peu meuah kamoe, yang susoen haba
( Tgk Diyueb Bruek, 28/04/2013 )
Dari Abu Bereueh Ke Hasan Tiro
=============================================
Kontroversi ini sebenarnya masih mengalir sampai sekarang. Ada yang menganggap, setelah Daud Beureueh turun gunung, ia tidak pernah lagi terlibat dalam gerakan politik. Perlawanan yang diusung GAM, sama sekali tidak terkait dengan DI/TII.
“Kalau Hasan Tiro kan menuntut kemerdekaan, sedangkan DI/TII melawan karena kecewa,” kata M Jasin, mantan Pangdam Iskandar Muda yang dianggap berhasil mengajak Daud Beureueh turun gunung.
Tak hanya Jasin, tokoh-tokoh senior di Aceh juga banyak yang mendukung argumen itu. Dalam sebuah tulisannya di Republika, almarhum Ali Hasjmy, mantan Gubernur Aceh, memutus kaitan GAM dan Abu Beureueh. Menurutnya, GAM dan Hasan Tiro adalah gerakan kriminal, sedangkan DI/TII adalah gerakan politik murni.
Tak heran jika awal-awal perlawanan GAM, Pemerintah Indonesia menuding mereka sebagai gerombolan pengacau keamanan (GPK). Stigma kriminal dimunculkan untuk memutus dukungan pengikut Daud Beureueh yang dikenal sebagai legenda bagi warga Aceh.
Nyatanya, upaya membumikan GAM sebagai kelompok kriminal tetap gagal. Hasan Tiro kadung jadi ikon perlawanan rakyat yang baru, terutama di masa Orde Baru. Lihat saja daftar tokoh pertama yang bergabung dalam GAM. Banyak di antara mereka adalah bekas pendukung DI/TII. Sebut saja Teungku Ilyas Leube dan Daud Husin alias Daud Paneuek (paneuek artinya pendek). Ilyas adalah ulama yang disegani di Aceh Tengah dan merupakan pendukung setia Daud Beureueh. Dalam susunan kabinet GAM pertama, Ilyas duduk sebagai Menteri Kehakiman, sedangkan Daud Paneuek sebagai Panglima Angkatan Bersenjata.
Menurut Baihaqi, mantan pasukan DI/TII, keputusan Ilyas mendukung GAM semata-amata karena kecewa dengan sikap pemerintah yang ternyata hanya memberi janji omong kosong kepada Aceh. “Ilyas orangnya sangat peka terhadap agama. Ketika Syariat Islam tidak berjalan di Aceh, ia orang yang paling marah” kata Baihaqi yang juga sepupu Ilyas.
Padahal, saat Daud Beureueh turun gunung, pemerintah berjanji memberikan tiga keistimewaan untuk Aceh: syariat Islam, pendidikan, dan budaya. Nyatanya, semua janji itu tak dipenuhi. Tak heran, begitu Hasan Tiro mengumandangkan perlawanan di paruh akhir tahun 1970-an, Ilyas pun menjadi orang pertama yang mendukung.
Ketika GAM masih dalam bentuk rancangan, menurut Baihaqi, sebenarnya Daud Beureueh sudah diberi tahu masalah itu. Hanya saja, Beureueh tak mungkin lagi angkat senjata karena di tahun 1976, saat Hasan Tiro datang ke Aceh untuk kedua kalinya, Abu Beureueh sudah berusia 77 tahun.
“Ayahanda tidak perlu berperang. Biar kami saja yang melakukan perlawanan. Kami hanya perlu dukungan dari Ayahanda,” demikian bujuk Hasan Tiro kepada Daud Beureueh seperti ditirukan Baihaqi kepada acehkita.
Sebagai asisten pribadi Abu Beureueh, Baihaqi tahu persis dialog itu. Apalagi, ia masih memiliki hubungan darah dengan Ilyas Leube. “Jadi kalau dikatakan Daud Beureueh mendukung Hasan Tiro, itu bisa jadi benar,” katanya. Bedanya, di masa DI/TII, Daud Beurueh mengumumkan perlawanan secara resmi dan terbuka kepada seluruh masyarakat Aceh, tetapi di masa GAM, ia lebih banyak diam.
Hubungan Daud Beureueh dan Hasan Tiro sebenarnya pernah memburuk. Dalam bukunya, Sejarah dan Kekuatan Gerakan Aceh Merdeka, wartawan Neta S Pane menulis, saat pulang ke Aceh pada 1975, Daud Beureueh pernah memberikan uang sebesar Rp 12,5 juta kepada Tiro untuk membeli senjata. Singkat cerita, saat muncul lagi pada 1977, alangkah terkejutnya tokoh-tokoh GAM karena tak mendapatkan apa yang diharap. “Hasan Tiro hanya membawa tiga pucuk pistol jenis colt dan dua pucuk senjata double loop. Beberapa tokoh GAM mengejeknya bahwa senjata itu hanya cukup untuk membunuh babi hutan,” tulis Neta yang kini mengelola Lembaga Pengamat Polri (Gamatpol).
Meski demikian, Daud Beureueh tak pernah marah kepada Hasan Tiro. Dukungan Daud Beureueh kepada GAM juga dibenarkan Zakaria, seorang tokoh GAM yang tinggal di Thailand. Menurutnya, saat Hasan Tiro melakukan pendidikan politik di hutan, beberapa kali Daud Beuerueh mengirimkan bantuan kepada mereka. “Saya sering sekali disuruh Daud Beureueh menyampaikan bantuan itu,” akunya.
Bantuan tak hanya berupa uang, tapi juga bahan makanan untuk Hasan Tiro dan pendukungnya. Dukungan Daud Beureueh kepada GAM pada masa itu diberikan karena Hasan Tiro bertekad mendirikan negara Islam di Aceh. Zakaria sendiri termasuk pendukung Hasan Tiro paling setia. Ketika operasi militer berlangsung pada 1983, ia berhasil melarikan diri ke Malaysia. Pertemuan terakhir acehkita dengan Zakaria berlangsung di Thailand, dua tahun lalu.
Dalam barisan GAM, Zakaria yang saat ini berusia sekitar 69 tahun, menjabat sebagai Menteri Pertahanan yang ditempatkan di Thailand. Dia orang penting yang berperan sebagai penyedia senjata untuk GAM. Senjata itu dibeli dari perbatasan Kamboja dan Vietnam, selanjutnya dikirim melalui pesisir pantai Malaysia menuju pantai Aceh Timur.
Zakaria mengisahkan, untuk menyampaikan bantuan dari Daud Beureueh kepada Hasan Tiro, ia harus berhati-hati. Soalnya, sejak 1977, setahun setelah kemerdekaan GAM diproklamasikan, pemerintah mulai mendatangkan pasukan ke Aceh.
Setelah Hasan Tiro kembali ke Amerika pada 1979, kekuatan GAM tak luntur. Semakin lama, pengikutnya kian banyak. Intelijen TNI sendiri disebut-sebut mengetahui kalau Daud Beureueh memberi dukungan moral kepada GAM. Untuk mencegah meluasnya pengaruh ulama itu, dalam sebuah operasi intelijen yang dipimpin Lettu Sjafrie Sjamsoeddin (sekarang Sekjen Departemen Pertahanan berpangkat Mayjen), pada 1 Mei 1978, Daud Beureueh dibawa secara paksa. Ia tak kuasa melawan karena sudah dibius. Daud Beuereueh dibawa ke Medan selanjutnya diterbangkan ke Jakarta untuk selanjutnya ditempatkan di sebuah rumah mewah di bilangan Tomang, Jakarta Barat, sebagai tahanan di sangkar emas.
Ini upaya mengungsikan Daud Beureueh kedua kalinya setelah pada 1971 ia ‘dipaksa’ keliling Eropa untuk mencegah pengaruhnya meluas di Aceh saat berlangsungnya pemilu. Daud Beureueh sendiri adalah pendukung PPP.
Saat Abu Beuereueh menetap di Jakarta, operasi penumpasan GAM dilakukan besar-besaran. Satu demi satu orang-orang dekat Hasan Tiro tewas. Sebut saja Dr Muchtar Hasbi, seorang intelektual muda Aceh, 35 tahun, yang tewas setelah disiksa. Mayatnya dikembalikan ke keluarganya dalam keadaan tanpa pakaian. Muchtar Hasbi adalah Perdana Menteri pertama GAM.
Dr Zubir Mahmud, 29 tahun, yang dalam kabinet GAM menduduki jabatan sebagai Menteri Sosial, juga tewas ditembak tak jauh dari rumahnya pada Mei 1980. Selain itu, Teungku Haji Ilyas Leube yang menggantikan posisi Muchtar sebagai Perdana Menteri, juga tewas di ujung peluru pada Juli 1982.
Para sejarawan Aceh menyebut, Daud Beureueh sebenarnya sangat kecewa dipindahkan ke Jakarta. Selain karena ruang gerak yang selalu diawasi, ia juga sedih karena dijauhkan dengan murid-muridnya. Ia menjadi terhalang menyampaikan ajaran-ajaran Islam. Ia pun tak lagi bisa tampil sebagai imam masjid. Tapi ia sendiri tak kuasa melawan karena kesehatannya sudah menurun. Ia menetap di Jakarta bersama anak dan cucunya dengan fasilitas dari pemerintah.
Kegelisahan Teungku Daud itu dirasakan sahabat dan murid-muridnya. Beberapa orang yang penah dekat dengannya, antara lain Ali Hasjmy (saat itu sebagai Rektor IAIN Ar-Raniry setelah pensiun dari Gubernur Aceh) dan Teungku H Abdullah Ujongrimba (Ketua MUI Aceh), melobi Wakil Presiden Adam Malik agar memulangkan Daud Beureueh ke Aceh. Mereka menjamin, selama di Aceh, Daud Beureueh tak akan memberikan perlawanan kepada pemerintah, apalagi ikut mendukung GAM.
Harapan itu terkabul. Pada 1982 ulama simbol perlawanan itu kembali ke Bumi Seulanga. Malangnya, pada 1985, ia terjatuh dari tempat tidur sehingga engsel pinggulnya mengalami gangguan. Sejak itu ia tidak bisa berdiri. Tamu-tamu yang datang mengunjunginya tetap disambut secara terbuka. Legenda Aceh itu akhirnya meninggal dunia pada 10 Juni 1987.
Jasadnya dimakamkan di bawah pohon mangga di pekarangan Masjid Baitul A’la lil Mujahidin di Beureunen. Seluruh Aceh berduka. Sejak itu, tragedi demi tragedi berkali-kali singgah di bumi Serambi Mekkah. Dua tahun setelah kepergian sang tokoh, Tanah Rencong bersimbah darah dengan digelarnya Operasi Jaring Merah atau pemberlakuan Daerah Operasi Militer (DOM).
Sepeninggal Daud Beureueh, Hasan Tiro pun menjadi simbol perlawanan baru, lengkap dengan segala kontroversinya. []
Read more: http://www.atjehcyber.net/2011/09/dari-abu-beureueh-ke-hasan-tiro.html#ixzz1gA5vim00
Diposkan oleh Aneuk Gampong di 11:31
Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook
0 komentar:
Posting Komentar