Pages


Sabtu, 04 Mei 2013

“DARI ABU BEREUEH KE HASAN TIRO “



  Oleh : SULAIMAN.A.GANI

=====================================

Ayahanda tidak perlu berperang.

 Biar kami saja yang melakukan perlawanan.

Kami hanya perlu dukungan dari Ayahanda,”

 

Alhamdulillah, Allah loen pujoe

Sit Tuhan sidroe, Yang that kuasa

Yang peutroen rahmat, nikmat u bumoe

Akan geutanyoe, Dum  manusia

 

Qadha ngoen kada, bak Tuhan Sidroe

Tugas geutanyoe, Geuyue  usaha

Tugas Iktiyeu, nibak geutanyoe

Putusan bak  Po, geubri ngoen Hana

 

Seulawuet saleum, teuma lom dudoe

Hana sit tuwoe , Rasul  Mustafa

Pang umat, ban sigoem nanggroe

Nabi geutanyoe, Khatam  Ambiya

 

Keuluarga ngoen sahbat, Bandum Sinaroe

Beureukat sinoe, Bandum  Ulama

Beureukat Syuhada, Pembela nanggroe

Yang leupah woe, u Alam baqa

 

Samboet saleum lon, Kawoem sinaroe

Agam ngoen binoe, Tuha ngoen Muda

Hajat ulon bri, kupi ngoen tumpoe

Hajat lon meuproe, seujarah bangsa

 

Yang peugoet tape, juet beurangkasoe

Yang peugoet ragoe, susah tamita

Meunyoe  duek  wali, juet sigam panjoe

Yang peugoet nanggroe, han pat tamita

 

Astaufirullah, lidah meucawoe

Karoeh lon meuproe, hoe laen haba

Daud  Beureueh, ngoen Hasan Tiro

Kisah tapuwoe, bak  asai mula

 

Yoeh jendral Yasin, Beureueh geuyue woe

Meumacam bagoe, janji  seutia

Tanpa  ajudan,  sit  yasin  sidroe

Geujemput keudroe, keudeh lam rimba

 

Nibak masanyan, Ujuen lam nanggroe

Kilat pih sesoe, geulatue  Raya

Dalam supoet klam,  yasin jak sidroe

Hana geupakoe, Rimueng ngoen Singa

 

Sinan keuh teubit, Narit Sikatoe

Sampoe  an jinoe, Kajuet keu  Maja

“ REUDOEK  KEU TUNGKAT, KILAT KEU SUWA “

 

Dauh beureueh, Yasin yang puwoe

Keunoe u nanggroe, bekle lam Rimba

Meumacam janji, yasin peusampoe

Asai beugeuwoe, bandum bekle lam rimba

 

Daud beureueh, dudoe geutem woe

Lake Acehnyoe , Hak  Istimewa

Yasin geutanggoeng, ban lhe boeh bagoe

Beureueh geuwoe, hanle lam Rimba

 

Yang phoen Agama, ta uroeh keudroe

Pendidikan dudoe, meunyang keudua

Yang keu lhe adat, jipulang keunoe

Ta uroeh keudroe, hak istimewa

 

Wate beureueh, teuma ka geuwoe

Ban lhe boeh bagoe, takalon hana

Dudoe beurontak, Aceh lhe sagoe

Hasan Tiro woe, di nanggroe luar

 

Jak lake restu, beureueh sidroe

Aceh lhe sagoe, geukeunuek puga

Daud beureueh, geuyue duek keudroe

Bah Hasan Tiro, jinoe yang puga

 

Daud beureueh, restui  dudoe

Buet Hasan Tiro, Angkat senjata

Seuramoe meukah, lake pisah droe

Aceh lhe sagoe, lake Merdeka

 

 Masanyan keuphoen, karu lam nanggroe

Hasan Tiro woe, Kali keudua

Bak thoen tujoeh nam, Hasan Tiro woe

Deklasi lam nanggroe, Aceh  Merdeka

 

Daud Beureuh, ka neuduek keudroe

Hana peuroeh droe, ka neu iem saja

Teutapi pusat, teutap jipantau

Bereueh Sidroe , ji  mata mata

 

Hingga sampoe had, teuma oh dudoe

Beureueh Sidroe, jiba u jawa

Sinoe di Aceh, meutamah kasyoe

Buet Hasan Tiro, meuprang geupuga

 

Daud Beureueh, sabe lake woe

Keunoe u nanggroe, hajat geugisa

Thoen lapan dua, teuma oh dudoe

Beureuh jipuwoe, wate nazue ‘a

 

Kada padum thoen, teuma oh dudoe

Beureueh geuwoe, hadap yang Esa

Thoen lapan tujoeh, Beureueh geuwoe

Geutinggai nanggroe, lam haro hara

 

Senamboeng hayat, perjuangan nanggroe

Keu  Hasan Tiro, pulang pusaka

Meuprang Politik, di lua nangroe

Di Aceh Sinoe, Meuprang Gerliya

 

Hingga Musibah, Aceh Lhe sagoe

Tsunami tampoe, seureuta Geumpa

Meutroen ilham, bak  Tuhan sidroe

Aceh lhe sagoe, Dame troek teuka

 

Dame Hilsingke, teuma oh dudoe

Baro lam nanggroe, Aman sentosa

Rakyat ka seunang, Aman juet sagoe

Hana le kasyoe, ngoen prang saudara

 

Ohlhueh Hilsenki, wali pih geuwoe

Keunoe u Nanggroe, Aceh mulia

Kada padum thoen, gobnyan disinoe

Wali pih geuwoe, Hadap yang Esa

 

Oh tan le wali. Ka leupah geuwoe

Aceh lhe sagoe, pih leupah gura

Ka jimeupake, sabe keudroe droe

Ka maseng keudroe, kepruet jikira

 

Daud Beureueh, ngoen Hasan Tiro

Meumada Ohnoe, ulon calitra

Nyoepat dimiyueb, neubaca keudroe

Kalhueh lon pasoe, tinggai neubaca

 

Haba nasehat, bacut loen muproe

Lon peu ingat droe, deungoen saudara

Beujuet peu ingat, bandum geutanyoe

Hudep lam Bumoe, sit seumentara

 

Masa lam utuen, peujuang nanggroe

Saban geutanyoe, Nasib teuh sama

Meupakoen jinoe, ka laen bagoe

Ka Aman nanggroe, ka keudroe saja

 

Jasa Syuhada, hanle soe pakoe

Hanle soe hiroe, keu inoeng janda

Keu Anuek Yatim, pih tansoe pakoe

Meudeuek troe, hana soe kira

 

Dali takaloen, kondisi jinoe

Aceh lhe sagoe, sang prang saudara

Timbak meunimbak, sabe keudroe droe

Eungkhoe meu eungkhoe, sabe syedara

 

Meutan meu ubah, sabe lagenyoe

Bak Tuhan sidroe, tapreh troek bala

Puteng beuliong, neupeutroen keunoe

Neulungkop Bumoe, Pih mungken saja

 

Kadang  ie Raya, neupeutroen keunoe

Jitamoeng Bumoe, sireutoeh deupa

Tuhan geu Azueb, Bandum geutanyoe

Aceh lhe sagoe, sabe lam Dosa

 

Ta lake lindoeng, bak Tuhan Sidroe

Aceh lhe sagoe, beujeuoh  bak bala

E ya Tuhanku, peu Ampon kamoe

Seujak Uroenyoe, Taubat  Nasuha

 

 Ohnoe  meumada, uloen hareutoe

Juet laen uroe, samboeng calitra

Meunyoe na salah, Peubeutoi keudroe

Peu meuah kamoe, yang susoen haba

( Tgk Diyueb Bruek, 28/04/2013 )

 

Dari Abu Bereueh Ke Hasan Tiro
=============================================
Kontroversi ini sebenarnya masih mengalir sampai sekarang. Ada yang menganggap, setelah Daud Beureueh turun gunung, ia tidak pernah lagi terlibat dalam gerakan politik. Perlawanan yang diusung GAM, sama sekali tidak terkait dengan DI/TII.

“Kalau Hasan Tiro kan menuntut kemerdekaan, sedangkan DI/TII melawan karena kecewa,” kata M Jasin, mantan Pangdam Iskandar Muda yang dianggap berhasil mengajak Daud Beureueh turun gunung.

Tak hanya Jasin, tokoh-tokoh senior di Aceh juga banyak yang mendukung argumen itu. Dalam sebuah tulisannya di Republika, almarhum Ali Hasjmy, mantan Gubernur Aceh, memutus kaitan GAM dan Abu Beureueh. Menurutnya, GAM dan Hasan Tiro adalah gerakan kriminal, sedangkan DI/TII adalah gerakan politik murni.

Tak heran jika awal-awal perlawanan GAM, Pemerintah Indonesia menuding mereka sebagai gerombolan pengacau keamanan (GPK). Stigma kriminal dimunculkan untuk memutus dukungan pengikut Daud Beureueh yang dikenal sebagai legenda bagi warga Aceh.

Nyatanya, upaya membumikan GAM sebagai kelompok kriminal tetap gagal. Hasan Tiro kadung jadi ikon perlawanan rakyat yang baru, terutama di masa Orde Baru. Lihat saja daftar tokoh pertama yang bergabung dalam GAM. Banyak di antara mereka adalah bekas pendukung DI/TII. Sebut saja Teungku Ilyas Leube dan Daud Husin alias Daud Paneuek (paneuek artinya pendek). Ilyas adalah ulama yang disegani di Aceh Tengah dan merupakan pendukung setia Daud Beureueh. Dalam susunan kabinet GAM pertama, Ilyas duduk sebagai Menteri Kehakiman, sedangkan Daud Paneuek sebagai Panglima Angkatan Bersenjata.

Menurut Baihaqi, mantan pasukan DI/TII, keputusan Ilyas mendukung GAM semata-amata karena kecewa dengan sikap pemerintah yang ternyata hanya memberi janji omong kosong kepada Aceh. “Ilyas orangnya sangat peka terhadap agama. Ketika Syariat Islam tidak berjalan di Aceh, ia orang yang paling marah” kata Baihaqi yang juga sepupu Ilyas.

Padahal, saat Daud Beureueh turun gunung, pemerintah berjanji memberikan tiga keistimewaan untuk Aceh: syariat Islam, pendidikan, dan budaya. Nyatanya, semua janji itu tak dipenuhi. Tak heran, begitu Hasan Tiro mengumandangkan perlawanan di paruh akhir tahun 1970-an, Ilyas pun menjadi orang pertama yang mendukung.

Ketika GAM masih dalam bentuk rancangan, menurut Baihaqi, sebenarnya Daud Beureueh sudah diberi tahu masalah itu. Hanya saja, Beureueh tak mungkin lagi angkat senjata karena di tahun 1976, saat Hasan Tiro datang ke Aceh untuk kedua kalinya, Abu Beureueh sudah berusia 77 tahun.

“Ayahanda tidak perlu berperang. Biar kami saja yang melakukan perlawanan. Kami hanya perlu dukungan dari Ayahanda,” demikian bujuk Hasan Tiro kepada Daud Beureueh seperti ditirukan Baihaqi kepada acehkita.

Sebagai asisten pribadi Abu Beureueh, Baihaqi tahu persis dialog itu. Apalagi, ia masih memiliki hubungan darah dengan Ilyas Leube. “Jadi kalau dikatakan Daud Beureueh mendukung Hasan Tiro, itu bisa jadi benar,” katanya. Bedanya, di masa DI/TII, Daud Beurueh mengumumkan perlawanan secara resmi dan terbuka kepada seluruh masyarakat Aceh, tetapi di masa GAM, ia lebih banyak diam.

Hubungan Daud Beureueh dan Hasan Tiro sebenarnya pernah memburuk. Dalam bukunya, Sejarah dan Kekuatan Gerakan Aceh Merdeka, wartawan Neta S Pane menulis, saat pulang ke Aceh pada 1975, Daud Beureueh pernah memberikan uang sebesar Rp 12,5 juta kepada Tiro untuk membeli senjata. Singkat cerita, saat muncul lagi pada 1977, alangkah terkejutnya tokoh-tokoh GAM karena tak mendapatkan apa yang diharap. “Hasan Tiro hanya membawa tiga pucuk pistol jenis colt dan dua pucuk senjata double loop. Beberapa tokoh GAM mengejeknya bahwa senjata itu hanya cukup untuk membunuh babi hutan,” tulis Neta yang kini mengelola Lembaga Pengamat Polri (Gamatpol).

Meski demikian, Daud Beureueh tak pernah marah kepada Hasan Tiro. Dukungan Daud Beureueh kepada GAM juga dibenarkan Zakaria, seorang tokoh GAM yang tinggal di Thailand. Menurutnya, saat Hasan Tiro melakukan pendidikan politik di hutan, beberapa kali Daud Beuerueh mengirimkan bantuan kepada mereka. “Saya sering sekali disuruh Daud Beureueh menyampaikan bantuan itu,” akunya.

Bantuan tak hanya berupa uang, tapi juga bahan makanan untuk Hasan Tiro dan pendukungnya. Dukungan Daud Beureueh kepada GAM pada masa itu diberikan karena Hasan Tiro bertekad mendirikan negara Islam di Aceh. Zakaria sendiri termasuk pendukung Hasan Tiro paling setia. Ketika operasi militer berlangsung pada 1983, ia berhasil melarikan diri ke Malaysia. Pertemuan terakhir acehkita dengan Zakaria berlangsung di Thailand, dua tahun lalu.

Dalam barisan GAM, Zakaria yang saat ini berusia sekitar 69 tahun, menjabat sebagai Menteri Pertahanan yang ditempatkan di Thailand. Dia orang penting yang berperan sebagai penyedia senjata untuk GAM. Senjata itu dibeli dari perbatasan Kamboja dan Vietnam, selanjutnya dikirim melalui pesisir pantai Malaysia menuju pantai Aceh Timur.

Zakaria mengisahkan, untuk menyampaikan bantuan dari Daud Beureueh kepada Hasan Tiro, ia harus berhati-hati. Soalnya, sejak 1977, setahun setelah kemerdekaan GAM diproklamasikan, pemerintah mulai mendatangkan pasukan ke Aceh.

Setelah Hasan Tiro kembali ke Amerika pada 1979, kekuatan GAM tak luntur. Semakin lama, pengikutnya kian banyak. Intelijen TNI sendiri disebut-sebut mengetahui kalau Daud Beureueh memberi dukungan moral kepada GAM. Untuk mencegah meluasnya pengaruh ulama itu, dalam sebuah operasi intelijen yang dipimpin Lettu Sjafrie Sjamsoeddin (sekarang Sekjen Departemen Pertahanan berpangkat Mayjen), pada 1 Mei 1978, Daud Beureueh dibawa secara paksa. Ia tak kuasa melawan karena sudah dibius. Daud Beuereueh dibawa ke Medan selanjutnya diterbangkan ke Jakarta untuk selanjutnya ditempatkan di sebuah rumah mewah di bilangan Tomang, Jakarta Barat, sebagai tahanan di sangkar emas.

Ini upaya mengungsikan Daud Beureueh kedua kalinya setelah pada 1971 ia ‘dipaksa’ keliling Eropa untuk mencegah pengaruhnya meluas di Aceh saat berlangsungnya pemilu. Daud Beureueh sendiri adalah pendukung PPP.

Saat Abu Beuereueh menetap di Jakarta, operasi penumpasan GAM dilakukan besar-besaran. Satu demi satu orang-orang dekat Hasan Tiro tewas. Sebut saja Dr Muchtar Hasbi, seorang intelektual muda Aceh, 35 tahun, yang tewas setelah disiksa. Mayatnya dikembalikan ke keluarganya dalam keadaan tanpa pakaian. Muchtar Hasbi adalah Perdana Menteri pertama GAM.

Dr Zubir Mahmud, 29 tahun, yang dalam kabinet GAM menduduki jabatan sebagai Menteri Sosial, juga tewas ditembak tak jauh dari rumahnya pada Mei 1980. Selain itu, Teungku Haji Ilyas Leube yang menggantikan posisi Muchtar sebagai Perdana Menteri, juga tewas di ujung peluru pada Juli 1982.

Para sejarawan Aceh menyebut, Daud Beureueh sebenarnya sangat kecewa dipindahkan ke Jakarta. Selain karena ruang gerak yang selalu diawasi, ia juga sedih karena dijauhkan dengan murid-muridnya. Ia menjadi terhalang menyampaikan ajaran-ajaran Islam. Ia pun tak lagi bisa tampil sebagai imam masjid. Tapi ia sendiri tak kuasa melawan karena kesehatannya sudah menurun. Ia menetap di Jakarta bersama anak dan cucunya dengan fasilitas dari pemerintah.

Kegelisahan Teungku Daud itu dirasakan sahabat dan murid-muridnya. Beberapa orang yang penah dekat dengannya, antara lain Ali Hasjmy (saat itu sebagai Rektor IAIN Ar-Raniry setelah pensiun dari Gubernur Aceh) dan Teungku H Abdullah Ujongrimba (Ketua MUI Aceh), melobi Wakil Presiden Adam Malik agar memulangkan Daud Beureueh ke Aceh. Mereka menjamin, selama di Aceh, Daud Beureueh tak akan memberikan perlawanan kepada pemerintah, apalagi ikut mendukung GAM.

Harapan itu terkabul. Pada 1982 ulama simbol perlawanan itu kembali ke Bumi Seulanga. Malangnya, pada 1985, ia terjatuh dari tempat tidur sehingga engsel pinggulnya mengalami gangguan. Sejak itu ia tidak bisa berdiri. Tamu-tamu yang datang mengunjunginya tetap disambut secara terbuka. Legenda Aceh itu akhirnya meninggal dunia pada 10 Juni 1987.

Jasadnya dimakamkan di bawah pohon mangga di pekarangan Masjid Baitul A’la lil Mujahidin di Beureunen. Seluruh Aceh berduka. Sejak itu, tragedi demi tragedi berkali-kali singgah di bumi Serambi Mekkah. Dua tahun setelah kepergian sang tokoh, Tanah Rencong bersimbah darah dengan digelarnya Operasi Jaring Merah atau pemberlakuan Daerah Operasi Militer (DOM).

Sepeninggal Daud Beureueh, Hasan Tiro pun menjadi simbol perlawanan baru, lengkap dengan segala kontroversinya. []

Read more: http://www.atjehcyber.net/2011/09/dari-abu-beureueh-ke-hasan-tiro.html#ixzz1gA5vim00

Diposkan oleh Aneuk Gampong di 11:31

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar FB :