Pages


Jumat, 25 Oktober 2013

PEULAJARAN CARA PEUGOT PANTON " (Panton, Nazam & Hikayat Aceh)


Oleh: Tgk. Diyueb Bruek/Sulaiman A. Gani
==============================================================
"Peulajaran keu 1“
(Kaidah-Kaidah Pantoen)

Panton dan Cae Aceh teuduek lam saboh rungke nibak peut boeh bareh,( Bareh 1, bareh 2, 3 ngoen 4 ) bareh phon beukeunong pakhoek deungan bareh lhee, bareh keudua beukeunoeng pakhoek ngoen bareh keupeut...(Pakhoek = sajak)

Saboh teuk kaedah dalam panton Aceh Untuk keindahan alunan irama, beuna BUHU. Maksud buhu, akhe bareh 1 beusaban ngon teungoh bareh 2. Meunan chiet akhe bareh 3 bek beuda ngon teungoh bareh 4..

Panton yang jroeh atawa indah mayang mutu jih. Bareh sa dan bareh keudua geucanek asoe/SAMPIRAN, yang biasa jih berupa Filsafat, Peupatah atawa Nasehat..

Bareh 3 ngoen 4 geucanek MAKSUD atawa TUJUAN. Panton na sit geukheun seubagoe HABA MEU-ALUET..

Contoh Rungkee 4 :
Bungoeng jeumpa, keumang meutabu
Bungoeng Mulu, Keumang Meubanja
Ka meurumpoek, yang sabe meutu
Lage cut mulu, ngon Malem Dewa

Seulaen panton peut Bareh Na sit Panton yang geukheun rungkee 6 :
Contoh jih :
Adie adie di peukan pidie
Aneuh geuluntie dicoh coh boh nga
Ija di Aceh jaroem di pidie
Han ek lon geunyie ija krong sutra
Ija peulangi bineh meugeunyie
Kasab meuguntie meujampu sutra

Seulaen nibak panton yang peut dan Nam rungke na sit panton yang rungke lapan
Contoh :
Kamoe geuniet lantui
Wate geungui saja mulia
Ngoen lheuh geuplah kayee
Dalam abee geugeulawa
Oh geumublang sabe geu uroeh
Wate keumukoh kayem geumaba
Oh lheuh jiwoe pade dalam kroeng
Top kekeubong geuboh boh muka

Seulaen panton peut, Nam, dan lapan rungke na sit panton yang 12 (dua blah ) Rungke .
Panton seulaen geubagi meunuroet bareh atau rungke , pantone na sit geubagi meunuroet mutu Panton yaitu panton Nasehat dan panton Geundrang atawa panton Geudumbak yaitu panton panton panton keu gura gura yang dilamjih jitamoeng haba bakhee
Contoh :
Itam itan si aneuk bayam
Neubri sireugam lon keunuek tabu
Han pue neukalon rupa lon hitam
Neudoem simalam ngat neu eu laku

(Rungkee = Bareh)
“ PEULAJARAN KEU 2 “
Oleh: Prof.Dr.Tgk.Diyuen Bruek. Cakologi
*Kaidah panton dan hikayat
“ Pantoen “ dalam peunulisan pantone na padum padum boeh hai yang harus geutanyoe perhatikan :
1, Bareh/rungke 1 harus beumeupakhoek ngoen Bareh/rungke 3
2. Bareh /rungke 2 harus beumeupakhoek ngoen Bareh/rungke 4
3, Bareh/rungke 1 dan bareh/rungke 2 Taboeh Canek Asoe ………….Contoh
Bareh /rungke 1 = Yang peugoet tape jeut beurang kasoe
Bareh/Rungke 2 = Yang peugoet ragoe susah tamita
4. Bareh/rungke keu 3 dan Bareh/rungke keu 4 Taboeh maksud/Tujuan ….Contoh
Bareh/Rungke 3 = Calon Gubernur jeut Beurang kasoe
Bareh/Rungke 4 = Yang peugoet nanggroe neupileh sigra

*Peunulisan hikayat pada prinsipnya sama sepeti penulisan panton namun na 4 hal yang peunteng yang harus jitamoeng u dalam hikayat yaitu :
1, Pujoe/syukur
2. Seulawuet
3. Saleum
4. Asoe/Maksud/Tujuan
5. Peunutoep
Catatan : seutiap/ Wate geurubah buhu atau pakhoe harus tapeugah dile………Contoh :
Mangat kuwah ie gule on muroeng
Kuwah boeh jantoeng ngoen eungkoet paya
Lon gantoe buhu meu ah deungoen ong
Mangat meusamboeng ujoeng calitra,
“Ulee ulee Pakhoek “
1. Mayang Meuhayak pucak blang galang
Gampoeng lheu simpang kubu Syuhada

2. Rame di pasi urueng keumawe
    Rame dalam gle urueng meurusa
3. Bukoen le saying,subang ban loen bloe
     Leukang peunatroe saying loen raya
4. Bukan loen saying tok tok beuragoe
    Teungoeh jipho pho keunoeng geulawa
5. Di langet manyang meutabu bintang
    Buluen Cahya trang wate purnama
6. Bukan lon sayang bintang peureuseh
    Jiduek meutindeh ngoen bintang kala
7. Lam krueng peusangan urueng keumawe
    Ka jikap bace ngoen seupat cina
8. Dilhoek semawe na PT Aroen
    Sampoe lhok sukon jipasang pipa
9. Dalam krueng jeunib na udueng galah
    Dalam krueng pandrah bate meucula
10. Jimeusu reudoek teungoeh coet uroe
    Tanda lam nanggroe ji ek ie raya
11.Tutue krueng tingkeum baot jih beusoe
     Tutue krueng panjoe baot teumbaga
12. Takoeh bule joek puta keu taloe
    Tapileh duroe bek jeut binasa
13. Kulu gurute meulhee ngoen paroe
    Wilayah sagoe Meureuhom daya
14. Bak PT. Aron langsoeng dicoek gah
     Pabrek keureutah simpang KKA
15. Keumang bungoeng pik wate uroe troen
     Di pante sukon kaye meudama
16.Meukrueng peusngan deungoen geureutoe
     Pucoek meusaho gunoeng geureudoeng
17 Gunoeng gle ulue bak ceu seulawah
     Lampanah leungah bak ceu lam teuba
18. Reudoek dalam gle ujuen ka tep top
     Gajah dimeuroet on capa paya
19. Meugah di matang Ahmat keurobat
     Geutah keureusat ubat pure kra
20. Urueng pip rukok keu tumpang bibi
     Urueng jep kupi keu tumpang mata
21. Mangat pisang thoek tatamah eumpieng
     Bulukat boeh drien santan ie saka
22. Gunoeng seulawah dua meujantang
     Saboeh yang Agam, saboeh yang dara
23. Mangat that lincang boeh mamplam putik
     Lawan kuah pliek boeh itiek masen
~ HIKAYAT ACEH ~
========================
Hikayat Aceh adalah sebuah karya sastra Aceh berbentuk puisi atau syair. Istilah hikayat berasal dari bahasa Arab “hikayah” yang bermakna cerita. Di sini perlu kita garis bawahi bahwa ada perbedaan pengertian antara istilah hikayat dalam bahasa Melayu dengan hikayat dalam Bahasa Aceh.

Dalam bahasa Melayu, hikayat merupakan narrative prosa (serupa dengan haba dalam bahasa Aceh atau seperti novel dalam sastra modern), sedangkan dalam bahasa Aceh, hikayat berbentuk puisi atau syair.

Hikayat merupakan jenis karya sastra Aceh yang terbesar, baik dilihat dari jumlah dan keluasan cakupan isinya. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti berapa jumlah hikayat Aceh yang pernah ada (pernah diciptakan dan/atau pernah ditulis) dan yang masih ditemukan hari ini.

Umumnya hikayat pada awalnya diciptakan dalam tradisi lisan, di hafal oleh penciptanya dan oleh orang-orang yang sudah terbiasa mendengarnya. Begitulah tradisi ini berlangsung turun temurun dalam masyarakat Aceh. Upaya penulisan hikayat biasanya dilakukan oleh orang lain yang bukan penciptanya. Akan tetapi ada beberapa hikayat yang memang ditulis sejak awal penciptaannya oleh penciptanya sendiri, meskipun kemudian sering disalin kembali dan dilakukan penambahan di sana-sini oleh orang lain.

Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika kita menemukan beberapa pengarang dari suatu hikayat dan kadang-kadang cukup sulit bagi kita untuk mendapatkan informasi siapa pengarang aslinya. Ini kebiasaan yang berlaku dalam budaya tradisi lisan. Hikayat Aceh memuat berbagai aspek kehidupan, mulai dari kisah-kisah pribadi hingga berbagai jenis epik.

Fungsi dan posisi hikayat dalam bidang agama tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai kebiasaan yang telah berkembang dari dulu. Bahwa masyarakat Aceh dalam kurun sejarah yang cukup panjang amat menyenangi karya sastra semacam hikayat. Baik orang-orang besar, apakah tua maupun muda, laki-laki ataupun perempuan, semuanya tergila-gila kepada hikayat.

JENIS-JENIS HIKAYAT
===========================
Bila dilihat dari kandungan isinya, secara umum hikayat-hikayat Aceh dapat diklasifikasikan ke dalam dua jenis:

a. Hikayat Epik

Epik merupakan narasi panjang tentang cerita kepahlawanan. Epik dapat berbentuk syair-syair panjang yang biasanya memuat kisah-kisah perjuangan seseorang pahlawan dan pejuang yang heroik. Para ahli teori sastra Barat seperti John Peck & Martin Coyle mengatakan bahwa epik merupakan jenis puisi yang paling ambisius (the most ambitious kind of poem). Epik adalah karya sastra besar yang senantiasa menampilkan even-even sejarah dan legendaris yang bersifat universal dan nasional .

Hikayat Epik terdiri dari:

1).Epik sejarah, di antaranya adalah: Hikayat Malém Dagang, Hikayat Pocut Muhamat, Hikayat Nun Parisi

2). Epik Perang, di antaranya adalah: Hikayat Prang Sabi, Hikayat Prang Gômpeuni, Hikayat Prang Cut Ali,    
Hikayat Prang Pandrah, Hikayat Eseutamu (Istambul), Hikayat Prang Raja Khaiba

3). Epik Keagamaan, di antaranya adalah: Hikayat Nabi Usuh, Hikayat Elia Tujôh
4).Epik Roman dan Legenda, jenis ini Merupakan kelompok hikayat terbesar dan paling banyak jumlahnya bila dibandingkan dengan ketiga kelompok di atas. Yang paling masyhur adalah: Hikayat Malém Diwa, Hikayat Jugi Tapa, Hikayat Asai Padé, Hikayat Putroe Gumbak Meuh, Hikayat Indra Budiman, Hikayat Banta Beuransah.

b.Hikayat Non-Epik
Hikayat non-epik pada umumnya lebih singkat dan pendek. Berbeda dengan jenis epik, kebanyakan hikayat non-epik berupa karya tulis; artinya proses penciptaannya dari semula memang dirancang dalam bentuk teks tulisan. Karya-karya non-epik dapat dibagi menjadi lima kelompok :

1). Kelompok Agama/Moral, Dalam jenis non-epik kelompok Agama/moral inilah yang paling besar dan paling banyak jumlahnya. Karya hikayat dalam kelompok ini terdiri dari berbagai topik, ada yang berkenaan dengan hukum-hukum agama, cerita-cerita akhirat (termasuk tentang nikmat surga dan azab neraka), serta kata-kata nasihat dan peringatan. Yang paling terkenal dalam kelompok ini di adalah: Hikayat Akeubarô Karim, Kisah Duablah Peukara, Hikayat Tambéh Tujôh Blah, Hikayat Bahaya Siribèe, Hikayat Tujôh Kisah, Sanggamara, Cahya Permata

2). Kelompok Kritik Sosial, dalam kelompok ini tertuang berbagai karya yang kandungannya memuat maksud penulis untuk memberi kritikan dan protes terhadap bermacam-macam kejadian dalam masyarakat yang mengandung muatan negatif dan bertentangan dengan nilai-nilai agama. Diantara hikayat yang tergolong ke dalam kelompok ini adalah: Tanda Mata karya Araby Ahmad , Kareuna Ma Tuan karya Syèh Rih Krueng Raya.

3). Kisah Pribadi, bentuk hikayat yang tergolong dalam kelompok ini, sering kita dapatkan isinya memuat tentang pengalaman pribadi seseorang yang telah dituangkan ke dalam bentuk hikayat dengan harapan dapat menjadi pelajaran bagi orang lain. Hikayat-hikayat ini menyerupai autobiografi dalam sastra moderen. Mungkin cukup menarik untuk dibaca atau didengarkan bacaannya karena memuat berbagai pengalaman hidup dari figur tokoh-tokoh masyarakat kita yang hidup di zaman yang berbeda. Salah satu karya yang dapat digolongkan ke dalam kelompok ini adalah hikayat Ranto, karya Leubè Isa yang juga terkenal dengan nama Teungku Bambi.

Di sini Teungku Bambi mengisahkan pengalaman hidupnya di perantauan saat beliau berada di daerah perkebunan lada di pantai barat Aceh pada masa penjajahan Belanda. Selain itu, kita jumpai hikayat Seumangat Atjeh karya Abdullah Arief, di mana penulisnya mengabadikan pengalaman kepergiannya ke Canada. Ada lagi hikayat Ana Wahiya karya Teungku Hasan Ibrahim Bireuen yang mengisahkan pengalaman hidupnya sejak masa kecil.

4).Kelompok Sejarah, Dalam kelompok ini kita jumpai karya-karya seperti: Hikayat seujarah Darôssalam karya Tgk Basyah Kamal Lhông, Nasib Aceh karya Abdullah Arif, Si Judô Pahlawan Aceh karya Araby Ahmad dan lain-lain.

5).Kisah-Kisah Perumpamaan Binatang, kelompok ini agak kecil dan sedikit jumlahnya. Yang terkenal di antaranya adalah: Hikayat Peulandôk Kancé (yang dalam versi prosa dikenal dengan Haba Peulandôk), Hikayat Kisah Hiweuen atau dikenal juga dengan Hikayat Nasrua.

==============================================================

1 komentar:

  1. Salamualaikum...mohon referensinya mengenai penjelasan bapak tentang hikayat yang dibedakan ke dalam beberapa jenis epik. Terimakasih.

    BalasHapus

Komentar FB :