Pages


Senin, 28 Oktober 2013

“CERITA HIKMAH" (Pak Kiyai Dan Burung Beo)”



   Oleh  : SULAIMAN.A.GANI
   =======================================
Assalammua’laikom, tangloeng Hikeumah
Jaroe Dua blah, Atueh jeumala
Uloen bri saleum, ummi ngoen Ayah
Samboet beubagah, bek roet u lua

Hajat uloen bri, na  saboeh kisah
Cerita  Hikmah, uloen calitra
Ceurita  tiong, ngoen tungku Syiah
Pakriban ulah, neutuloeng baca

Tiong di tungku, caroeng meuleupah
Goet geupapah, geupeulihara
Seuhingga kajuet, di pujoe Allah
Sabe bak babah, pujoe Rabbana

Kalam Ilahi, sabe bak  babah
Laa Illaha Illallah, sabe dibaca
Tungku that gaseh, tiong meutuah
Tiep uroe Allah, geupadu bawa

Nibak si uroe, teukeudi  Allah
Tiong meutuah, ka meumie  seuba
Ji pajoeh le mie, cintra ka jiplah
Tiong di babah, koak....koak ..koak di baca

Tiong ka mate, cintra  ka beukah
Di Tungku  syiah, Muroeng jiteuka
U Dalam kamba, geutamoeng bagah
Santri ka susah, tungku lam duka

Di anuek murid, santri lam dayah
Meupakat bagah, pakriban cara
Laen tajak  bloe, tagantoe bagah
Nyan Tungku syiah, bekle lam duka

Meunan jipike, le santri  dayah
Mupue sit susah, sampe berduka
Meuhansep saboeh, dua ta ilah
Cintra yang beukah, tagantoe sigra

Kiban sineulhueh, troek akhe kisah
Rakan meutuah, diyueb  neubaca
Neubaca keudroe, mangat bek salah
Neutueng Faedah, mangat meuguna

Uloen seungaja, han habeh  kisah
Rakan meutuah, peunasaran teuka
Mangat neubaca, haba loen kisah
Mangat bek salah, bak neucoek  makna

Meumada ohnoe, haba loen kisah
Meunyoe na salah, loen susoen haba
Loen lake meuah, Ampon bak Allah
Alhamdulillah, ka tamat  haba
( Tgk diyueb Bruek, 29 oktober  2013)

“CERITA HIKMAH" (Pak Kiyai Dan Burung Beo)”
==========================================
Alkisah ada seorang Kiayi memelihara seekor burung BEO. Dengan tekun dan telaten burung beo itu dilatihnya mengucapkan Laa Illaha Illallah. AKhirnya dalam beberapa bulan beo itu sudah pandai mengucapkan Laa Illaha Illallah.

Suatu hari seekor kucing menerkam burung beo itu dan......keak....keak....keak!!! burung beo itu bersuara parau lalu mati dimangsa kucing. Alangkah sedihnya hati sang Kiayi mendengar burung beonya mati. Sejak itu Pak Kiayi sering kelihatan murung dan banyak mengunci dirinya dalam kamar pribadi.

Kontan saja hal ini membuat para santrinya bingung dan bersedih. Lalu diantara para santri diadakan musyawarah untuk membelikan burung beo yang baru supaya pak Kiayi tidak bermuram Durja.

Maka maksud para santri ini pun diutarakan kepada sang Kiayi. Seorang utusan santripun dikirim untuk menghadap sang Kiayi "Pak Kiayi kami turut bersedih dengan kematian butung beo kesayangan pak Kiayi, izinkanklah kami membelikan lagi burung beo yang baru agar pak Kiayi tidak bersedih lagi".Kemudian sang Kiayi beranjak pergi dan memanggil seluruh santirnya di depan Mesjid.
Ketahuilah wahai santri-santriku....beberapa hari ini aku mengurung diri dikamar sebenarnya bukan semata karena kematian burung Beo itu tempo hari. Coba kalian pikirkan, burung tersebut sudah sangat fasih mengucapkan kalimat Laa Illaha Illallah tetapi saat diterkam kucing yang keluar dari mulutnya malah bunyi Keak...keak...keak...! Aku takut nasibku nanti seperti burung beo itu....semasa hidup fasih lisan ini mengucapkan kalimat itu tetapi pada saat meninggal nanti tidak mampu lisan ini mengucap kalimat Shahadat di akhir hayat...malah mengucap yang lain. Ya Allah matikanlah kami dalam keadaan Khusnul Khotimah... dalam keadaan yang baik, yang engkau Ridhoi ya Allah.......-
Semoga Bermanfaat.-

=======================================================================

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus

Komentar FB :